Pohon Kurma dan Abdullah bin Umar

Al-kisah, suatu hari Abdullah bin Umar berjalan ditengah padang pasir, dilihatnya sebuah pohon besar. Sesampainya di bawah pohon, Abdullah bin Umar mengelilingi pohon tersebut sebanyak tiga kali.
Kejadian tersebut disaksikan beberapa sahabat yang berada dalam satu perjalanan, sehingga membuat mereka bertanya-tanya. Salah seorang sahabat menanyakan “Wahai tuan Abdullah bin Umar, mengapa engkau berputar tiga kali di pohon itu,?”… dengan perlahan Abdullah bin Umar menjawab “Aku melakukan hal tersebut, karena aku pernah melihat Rasulullah SAW mengelilingi pohon tadi sebanyak tiga kali, karena itu aku ingin mencontohkan apa yang dilakukan Rasulullah SAW.”…
Dari kisah di atas sangat jelas bahwa Abdullah bin Umar adalah seorang sahabat yang sangat ingin sekali mencontoh segala prilaku Nabi SAW, sekalipun itu tidak dipahami jelas oleh nya. Abdullah bin Umar hanya punya alasan mengelilingi pohon tersebut lantaran Rasul pernah melakukan, dia tidak menganggap apakah itu karena kuda yang rasul naiki itu berputar atau karena hal-hal lain. Inilah sebuah praktek kecintaan kepada Rasul yang harus dicontoh sekalipun itu tidak masuk akal, kalau sudah cinta akal itu nomer sekian.
Karenanya Imam Syafi’i RA mengambil jalur hadits melalui sahabat Abdullah bin Umar, sebab ia dianggap sebagai seorang yang amat sangat cinta kepada Rasulullah SAW.
Kisah ini didapat dari Ta’lim bersama KH. Fakhruddin al-Bantani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s