SOLUSI KEMACETAN JAKARTA VERSI RAKYAT JELATA

Belum lama ini gubernur kita yang baru Joko Widodo sibuk  mencari solusi atas keruwetan lalu lintas Jakarta. Jokowi (pnggilan akrab Joko Widodo) mengadakan survey langsung ke berbagai terminal dan menanyakan beberapa sopir di sana, Jokowi juga sempat mendatangi Ditlantas Polri, bahkan kementrian BUMN untuk ikut mengajak kerja sama mencari solusi kemacetan jakarta. Tapi sepertinya ada yang luput dari kunjungannya, masyarakat sebagai subyek vital pengguna traspotasi Jakarta kurang diberi suara, menurut saya ada kecenderungan bahwa sitem lalulintas dan transportasi di Jakarta yang menjadi masalah. Padahal masyarakat lah yang seharusnya diberikan pendapat mengapa samapi berpindah dari transportasi umum ke kendaraan pribadi.

Internal dan eksternal

Masyarakat sebagai pengguna sudah lagi bosan dengan kendaraan umum bisa dilihat dari dua faktor, faktor internal dan eksternal. faktor internal misalanya bahwa ada beberapa alasan bahwa mereka berpindah ke transpotasi pribadi karena rasa takut yang mencemasakan di angkutan umum. Keamanan menjadi alasan mendasar, bahwa kejahatan di dalam angkot sudah sedemikan parah, dari masalah pencopetan, ancaman verbal gelandangan, pelecehan seksual, dll. kecemasana lain adalah faktor kenyamanan di dalam angkutan umum sudah tidak ada, seperti kondisi bangku yang rusak, sering berhenti belama-lama (ngetem), ketidak ramahan kernek, sampai dengan pemindahan penumpang secara paksa.

secara eksternal, masyarakat sudah melihat bahwa kemacetan sudah tidak bisa lagi di atasi kecuali dengan menggunakan kendaraan pribadi, apa lagi melihat tidak begitu sulit membeli kendaran pribadi di jakarta, keridit murah dan cepat.  akhirnya dari kedua faktor tersebut ada keinginan utuk berpindah dan angkutan umum ke kendaraan pribadi.

Masalah lain

Dari msalah di atas sebenarnya masih banyak faktor yang membuat Jakarta macet. salah satunya adalah tidak terbatasnya kepemilkian dan penggunaan kendaraan di Jakarta. bahwa kita harus ingat jalanan di Jakarta itu terbatas, maka kendaraan yang melewati jalan jakarta juga harusnya terbatas. di Indonesia dan di Jakarta khusunya tidak ada peraturan yang membatasi kepemilikan kendaran, karena ini tidak diatur maka penggunaan kendaraan di jalan raya juga tidak mampu di batasi. membatsi penggunaan kendaraan di Jakarta harus dimulai dari pembatasan kepemilikan kendaran. misalanya pemertintah harus tegas membuat aturan bagi industri otomotif hanya mengeluarkan mobil baru pada jenjang waktu yang jauh. kita bisa lihat bagaimana perusahaan mobil hampir setiap bulan mengeluarkan model baru, ini kemudia membuat para orang-orang tajir berkeinginan memperbaharui mobilnya akhirnya bertambah dengan cepat volume kendaraan di jalan raya.

Persimpangan menjadi salah satu alasan penting mengapa macet terjadi, arus kendaraan tersendat karena jarak antara satu persimpangan dengan persimpangan yang lain terlalu dekat. belum lagi persimpangan kerap dijadikan para angkutan umum sebagai tempat mencari penumpang yang kadang bisa samapai 15 menit berhenti, ini lah yang harus ditangani oelh pemerintah.

Hal lain adalah tol dan gerbang tol. jalan tol menjadai salah satu penyebab orang kini beralih ke kendaraan umum. karena solusi cepat adalah tol. tapi tol akhirnya membuat sebagian orang juga membuat macet, karena volume kendaraan dari mereka yang berpindah juga akan meningkat. belum lagi gerbang tol yang kesiapannya belum direncanakan dengan matang, kerap kali gerbang tol membuat macet masuk dan keluar, masuk karena antri mengambil tiket, keluar karena membayar tiket. solusi ini seharusnya sudah bisa diperhitungkan oleh pemerintah dan perusahaan tol, karena harus melihat jumlah yang masuk tol dengan kebutuhan loket dan tenaga pelayanan, kesesuaian volum kendaraan harus seimbang dengan proyeksi fasilitas dan tenaga pelayanan.

Alasan-alsan yang demikian lah yang seharusnya dilihat sebagai suatu solusi penanganan kemacetan di wilayah Jakarta. rakyat adalah objek sekaligus subjek dari alat transportasi masal, dari masayarakatlah jakarta bisa aman kemacetan. selamat mencari solusi atas kemacetan Jakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s